Rabu, 08 Januari 2014

5 Keuntungan Melakukan Multipartisi Pada Harddisk

hdd

Multipartisi artinya kita membuat lebih dari satu partisi pada hardisk, Biasanya saat kita melakukan penginstalan  OS  windows pada komputer kita hanya mempunyai dua partisi yaitu drive C dan D saja. Multi partisi adalah membagi harddisk menjadi beberapa bagian yang membuat drive berdiri sendiri sesuai dengan keinginan pengguna komputer. Pertanyaannya adalah apa keuntungan kita dengan melakukan multipartisi pada harddisk ? Dibawah ini saya akan coba mencatat beberapa poin-poin keuntungan nya.

  1. Harddisk dengan multipartisi akan mengurangi waktu akses, sehingga system operasi akan lebih resfonsif. Jika kita meletakan OS atau file lain yang sering di akses di  partisi awal, sedangkan partisi awal tersebut merupakan bagian yang pertama di baca oleh head baca tulis. Jika kita hanya membuat satu partisi file akan diletakan secara sembarangan yang mengakibatkan head akan berjalan-jalan mencari file yang akan diakses
  2. Jika terjadi sesuatu pada OS sehingga kita harus mengambil keputusan untuk install ulang OS maka, data-data lain yang berada di luar partisi ini tidak akan terganggu atau terhapus, kita bisa dengan mudah memformat partisi tersebut dan mengganti dengan OS baru.
  3. Dapat mempercepat waktu defrag pada partisi yang yang di dalamnya terdapat OS komputer.
  4. Kinerja Sistem Operasi akan lebih cepat untuk menampilkan jendela kerja.
  5. Dapat memperlambat penyebaran virus yang akan menyerang data-data kita. Karena
    biasanya virus terlebih dahulu menyerang drive C karena di drive ini tempat OS komputer kita biasanya tersimpan.
Untuk pembuatan multipartisi harddisk ini bisa menggunakan program aplikasi yang bisa di install pada window seperti  Partition Magic, Mini Tool Partition Wizard Pro atau program aplikasi easeUSpartition dan masih ada lagi yang lainnya silahkan anda browsing ke google, atau jika anda menggunakan OS windows 7 anda bisa langsung membuat partisi tanpa menggunakan program aplikasi windos karena pada Disk Management di windows 7 kita  sudah bisa membuat partisi. Pada artikel selanjutnya Insyaallah saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat multipartisi harddisk dengan Disk Management di Windows 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar